Created (c) by Princexells Seyka (Princelling Saki)

Mengapa Mata Bayi Berwarna Biru?

Meskipun hampir semua orang dewasa di Indonesia memiliki mata yang berwarna cokelat gelap, banyak dari mereka yang terlahir dengan mata yang bermata biru. Warna iris mata mereka kemudian berubah dari biru menjadi gelap atau cokelat pada masa bayi. Lalu, kenapa hal ini dapat terjadi?


Hal ini sangat erat kaitannya dengan jumlah melanin yang terdapat pada mata saat mereka lahir dan bagaimana jumlah melanin tersebut bertambah setelah lahir. Melanin merupakan pigmen, dan semakin banyak anda memilikinya di mata, rambut dan kulit, maka semua bagian tubuh tersebut akan semakin terlihat berwarna gelap, dan dengan demikian semakin banyak sinar matahari yang dapat dipantulkan.

Jumlah melanin yang sedikit dalam iris, membuat iris mata tampak berwarna biru atau abu-abu. Jumlah melanin yang sedang pada iris akan memunculkan iris berwarna hijau atau cokelat muda. Dan jika jumlah melanin di iris banyak, maka mata akan terlihat berwarna cokelat gelap atau hitam. Sedangkan jika pigmen melanin ini tidak ada sama sekali, maka warna iris yang terlihat adalah merah, sesuai dengan warna lapisan pembuluh darah pada iris.

Ketika bayi baru dilahirkan, pigmen melanin di iris matanya hanya ditemukan dalam jumlah yang sedikit, sehingga mata bayi terlihat berwarna biru. Seiring bertambahnya waktu, terjadi peningkatan jumlah melanin di iris hingga mata bayi terlihat lebih gelap. Proses pematangan dan peningkatan jumlah melanin di mata ini terus terjadi setelah bayi dilahirkan sampai bayi berusia sekitar 2 tahun.

Artikel Terkait: Mengapa Mata Bayi Berwarna Biru?

Description: Mengapa Mata Bayi Berwarna Biru? Rating: 5.0 Reviewer: feno mena ItemReviewed: Mengapa Mata Bayi Berwarna Biru?
Comments
0 Comments

{ 0 komentar... read them below or add one }